Jumat, 17 Februari 2017

Rumah Bersalin Cuma-Cuma Bandung Sinergi Foundation Pelayanan Persalinan Gratis Konsultasi Kehamilan Bidan Di Bandung

     

    Lembaga Sinergi Foundation adalah lembaga yang bergerak di bidang Zakat, Infaq, Sedeqah,Waqaf. Program yang selama ini bergulir yaitu, Rumah Bersalin Cuma-cuma (RBC), Beasiswa Pemimpin Bangsa (BPB), Taman Wakaf Pemakaman Muslim "Firdaus Memorial Park" (FMP), Lembaga Wakaf Produktif (WakafPro 99), Sekolah Untuk Semua (SUS), Lembaga Advokasi Anti Rentenir, Green Kurban, Green Akikah, Tabloid Alhikmah, dan beberapa lainnya.

       Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC) merupakan institusi pelayanan kesehatan bagi Ibu dan Anak Dhuafa, khususnya dalam bidang persalinan secara cuma-cuma dengan pelayanan yang profesional, Netral dan Independent.
Aktivitas Pelayanan Rumah Bersalin Cuma-Cuma:
·Poli Kebidanan
1.Pemeriksaan Antenatal Care (ANC) adalah pemeriksaan kehamilan untuk mengoptimalkan kesehatan mental dan fisik ibu hamil, hingga mampu menghadapi persalinan, kala nifas, persiapan pemberiaan ASI.
    Tujuan ANC adalah :
1.Memantau kemajuan kehamilan untuk memastikan kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin.
2.Meningkatkan dan mempertahankan kesehatan fisik, maternal dan sosial ibu dan bayi.
3.Mengenal secara dini adanya komplikasi yang mungkin terjadi selama hamil, termasuk riwayat penyakit secara umum, kebidanan dan pembedahan.
4.Mempersiapkan persalinan cukup bulan, melahirkan dengan selamat ibu maupun bayinya dengan trauma seminimal mungkin.
5.Mempersiapkan ibu agar masa nifas berjalan normal dan pemberian ASI Eksklusif.
6.Mempersiapkan peran ibu dan keluarga dalam menerima kelahiran bayi agar dapat tumbuh kembang secara normal.
7.Menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu dan perinatal.
   Untuk mendapatkan pelayanan ANC dapat dilaksanakan di Posyandu, Puskesmas Pembantu, Puskesmas, Rumah sakit maupun di klinik dokter praktek swasta atau di bidan. Pelayanan ANC ibu hamil dapat dibantu oleh tenaga kesehatan seperti dokter spesialis ginekologi, dokter, perawat dan bidan (Depkes RI, 2001)
Pemeriksaan ANC minimal 4x selama kehamilan yaitu kehamilan trimester pertama (< 14 Minggu) 1x kunjungan, trimester kedua (14-28 Minggu) 1x kunjungan dan trimester ketiga (28-36 Minggu dan sesudah Minggu ke-36) 2x kunjungan (Saifuddin, 2005). Namun, Idealnya pemeriksaan ANC pertama kali adalah sedini mungkin ketika diketahui terlambat haid 1 bulan, setiap 4 minggu hingga usia kehamilan 28 minggu, setiap 2 minggu sekali dari usia kehamilan 28-36 minggu dan setiap satu minggu sekali dari usia kehamilan 36 minggu hingga waktunya melahirkan.
2.Ultrasonography (USG) oleh SpOG
3.Pelayanan Keluarga Berencana (KB) berupa pil, suntik, dan IUD (setiap Sabtu pkl. 09.00-14.00 wib)

·Poli Umum
1.Pemeriksaan kesehatan Ibu dan Anak
2.Imunisasi
3.Pelayanan Persalinan 24 jam
Salah satu pelayanan medis yang ada di RBC adalah persalinan 24  jam.
4.Perawatan Pasca Melahirkan : pentingnya perawatan pasca melahirkan tidak hanya untuk menjaga  kesehatan pribadi, setelah melahirkan melalui jalan normal, anda harus memastikan bahwa tidak ada masalah dalam berkemih.
5.Perawatan Anak (bayi kuning)
6.Penyuluhan Kesehatan Tiap Hari Kerja: kegiatan ini adalah untuk mejaga lingkungan yang sehat, dan dilakukan rutin oleh perorangan.
7.Senam Hamil 2 (dua) kali seminggu : senam hamil bisa membantu ibu hamil dalam mencapai kondisi nyaman dan sehat selama kehamilan. lebih jauh lagi manfaat senam hamil yaitu untuk : Memperlancar persalinan normal secara fisik dan mental, meningkatkan mood dan pola tidur ibu, mengurangi kecemasan dan ketegangan selama kehamilan, mempercepat penurunan berat badan ibu setelah melahirkan.
8.Pemberdayaan (training kuliner, training menjahit, pendampingan agama dll).

     Aktivitas Pelayanan Gawat Darurat Rujukan dengan pembiayaan oleh RBC:
Induksi persalinan
Pelayanan dengan Tindakan
Vaccum
Forceps
Sectio Caesarea.
   

       Untuk lokasi Rumah Bersalin Cuma-cuma (RBC) itu ada di Bandung tepatnya di :
Jl. Holis No. 448 A Bandung (Tlp. 022 6042152)
Jl. Raya Soreang - Banjaran
(Tlp. 022 6032281)
rumah sakit bersalin,rumah sakit bersalin asih,bidan ptt,bidan desa,peran bidan,profesi bidan,str bidan,info bidan,kompetensi bidan,hari bidan,ibu melahirkan,hamil,melahirkan normal,melahirkan anak ,orang melahirkan ,melahirkan bayi,tanda melahirkan,tanda-tanda melahirkan,wanita melahirkan,ibu hamil,ibu hamil melahirkan,pasca melahirkan ,ciri melahirkan,ciri-ciri melahirkan ,melahirkan caesar,makanan ibu hamil,hamil muda,susu ibu hamil,makanan untuk ibu hamil,buah untuk ibu hamil,perut ibu hamil,ibu hamil melahirkan ,ciri-ciri ibu hamil,senam ibu hamil,vitamin ibu hamil,posisi tidur ibu hamil,tanda-tanda ibu hamil,fungsi perawat,perawat rumah sakit,peran perawat ,tugas perawat,ibu bersalin,rumah sakit bersalin,klinik bersalin,bersalin normal,proses bersalin,persiapan bersalin,kebutuhan dasar ibu bersalin,rumah sakit bandung

Tidak ada komentar: