Rabu, 22 Februari 2017

Kegiatan Pemberdayaan Kesehatan Rumah Bersalin Cuma-cuma (RBC) Sinergi Foundation Bandung


             Kegiatan Pemberdayaan Di Rumah Bersalin Cuma-cuma (RBC) meliputi :
1. Aksi Kesehatan : kegiatan Aksi Kesehatan sangatlah penting terutama bagi masyarakat yang membutuhkan. Arah kebijakan dalam rangka penyuluhan kesehatan masyarakat, sistem pelayanan kesehatan, penyediaan obat dan perbekalan kesehatan, pemberdayaan masyarakat dan manajemen kesehatan.
Faktor Pendorong dan Penghambat Aksi Kesehatan : Disparitas status kesehatan, beban ganda penyakit, kinerja pelayanan yang rendah, perilaku masyarakat yang kurang mendukung hidup bersih, rendahnya kondisi kesehatan lingkungan.
2. Aksi Kebencanaan : 
Kerusakan lingkungan semakin hari semakin jelas, perlu kita memikirkan upaya apa saja yang akan kita lakukan untuk  memperbaiki  lingkungan kita agar terciptanya K3 (ketertiban,kebersihan dan keindahan). Langkah awal melakukan perbaikan dapat dilakukan dengan cara memperhatikan keadaan lingkungan sekitar kita dahulu, baru kemudian lingkup nasional.
Aksi Kebencanaan disisni yaitu diajarkan tentang bagaimana upaya-upaya pencegahan bencana alam :
-Membuat pos peringatan bencana
-Membiasakan hidup tertib dan disiplin
-Memberikan pendidikan lingkungan hidup 
3. Donor Darah
            Penyumbang darah atau donor darah yaitu proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela atau pengganti untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah untuk kemudian digunakan untuk transfusi darah.
4. Edukasi Masyarakat Umum
Kegiatan Edukasi Masyarakat Umum disini, yaitu mengajarkan tentang pentingnya pendidikan bagi masyarakat, dimana pendidikan merupakan hal yang terpenting di dalam kehidupan kita, ini berarti bahwa setiap manusia berhak mendapatkan dan berharap untuk selalu berkembang dalam pendidikan. Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan. Sehingga menjadi seorang yang terdidik itu  sangat penting. Pendidikan pertama kali yang kita dapatkan yaitu di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.  

Tidak ada komentar: