Kamis, 16 Maret 2017

Pelayanan Klinik Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC)


Aktivitas Pelayanan Gawat Darurat Rujukan dengan pembiayaan oleh RBC:

*Induksi persalinan
   Induksi adalah proses untuk merangsang kontraksi rahim sebelum kontraksi alami terjadi dengan tujuan mempercepat proses persalinan. Prosedur ini tidak dapat dilakukan sembarangan karena mengandung lebih banyak risiko dibandingkan persalinan normal. Mereka yang menjalaninya sebaiknya mendapat informasi selengkapnya tentang alasan, prosedur, dan risiko yang mungkin dihadapi.
 Induksi juga dapat ditawarkan pada kondisi tertentu lainnya,  seperti terjadi infeksi pada rahim, bayi berhenti berkembang, kurangnya cairan ketuban yang cukup untuk melindungi bayi, atau jika plasenta luruh dari dinding rahim bagian dalam sebelum persalinan.
 Pada situasi tertentu, seperti ketika kehamilan telah mencapai lebih dari 39 minggu dan sang ibu tinggal jauh dari rumah sakit, induksi dapat direncanakan untuk mengurangi risiko gangguan pada ibu dan bayi.

*Berbagai Metode Induksi
    Ada berbagai metode yang dapat dilakukan untuk menjalani induksi. Opsi yang diambil sangat bergantung pada kondisi dan permasalahan yang dihadapi masing-masing wanita.
1. Menyapu Selaput pada leher rahim,
2. Mematangkan leher rahim,
3. Memecahkan air ketuban
4. Menggunakan obat-obatan yang diinfuskan ke pembuluh darah

*Pelayanan dengan Tindakan
     Pelayanan Kolaborasi/Kerjasama terdiri dari :
1.Menerapkan manajemen kebidanan pada setiap asuhan kebidanan sesuai fungsi kolaborasi dengan melibatkan klien dan keluarga.
2.Memberikan asuhan kebidanan pada ibu hamil resiko tinggi dan pertolongan pertama pada kegawatan yang memerlukan tindakan kolaborasi.
3.Memberikan asuhan kebidanan pada ibu dalam masa persalinan dan pertolongan pertama pada kegawatan yang memerlukan tindakan kolaborasi.
4.Memberikan asuhan kebidanan pada ibu dalam masa nifas dan pertolongan pertama pada kegawatan yang memerlukan tindakan kolaborasi.
5.Memberikan asuhan kebidanan pada bayi baru lahir dan pertolongan pertama pada kegawatan yang memerlukan tindakan kolaborasi.
6.Memberikan asuhan kebidanan pada balita resiko tinggi dan pertolongan pertama pada kegawatan yang memerlukan tindakan kolaborasi.


*Vaccum
    Ektraksi Vacum adalah persalinan janin dimana janin dilahirkan dengan ekstraksi tekanan negative pada kepalanya dengan menggunakan ekstraktor vakum ( ventouse ) dari malmstrom.
 Alat yang umumnya digunakan adalah vacum ekstraktor dari malmstrom. Prinsip dari cara ini adalah bahwa kita mengadakan suatu vacum (tekanan negatif) melalui suatu cup pada kepala bayi. Dengan demikian akan timbul caput secara artifisial dan cup akan melekat erat pada kepala bayi. Pengaturan tekanan harus diturunkan secara perlahan-lahan untuk menghindarkan kerusakan pada kulit kepala, mencegah timbulnya perdarahan pada otak bayi dan supaya timbul caput succedaneum.

*Forceps
   Cara Kerja Forceps :
Forceps adalah alat yang digunakan untuk membantu mengeluarkan bayi saat persalinan. Bentuknya menyerupai sepasang sendok besar. Sepasang forceps akan mencapit kepala bayi yang masih di dalam rahim, setelah itu dokter akan memandu dalam menariknya hingga keluar dari rahim ibu. Hal ini biasanya dilakukan selama proses kontraksi, sementara sang ibu mengejan.
Sebelum menggunakan forceps, biasanya dokter akan mencoba cara lain demi keberhasilan persalinan seperti memberikan obat intravena untuk merangsang kontraksi lebih kuat atau menyesuaikan anestesi (pembiusan) untuk memperlancar proses pengejanan.
Namun jika opsi terbaik adalah forceps, maka dokter akan memberikan anestesi epidural atau spinal jika Anda belum diberi anestesi regional. Seorang tim medis juga akan menempatkan kateter di kandung kemih Anda untuk pengosongan urin. Dokter juga mungkin akan menggunting jaringan antara vagina dan anus untuk mempermudah bayi keluar.

*Sectio Caesarea :
   Sectio caesarea adalah pembedahan untuk melahirkan janin dengan membuka dinding perut dan dinding uterus atau vagina atau suatu histerotomi untuk melahirkan janin dari dalam rahim. Operasi Caesar merupakan suatu tindakan pembedahan untuk melahirkan janin dengan membuka dinding perut (laparatomi) dan dinding uterus (histerektomi). Operasi bedah caesar ini dilakukan dengan sayatan pada dinding uterus melalui dinding depan perut. Sectio caesaria merupakan suatu persalinan buatan dimana janin dilahirkan melalui suatu insisi pada dinding depan perut dan dinding rahim dengan syarat rahim dalam keadaan utuh serta berat janin di atas 500 gram.

INDIKASI
Biasanya dilakukan jika ada gangguan pada salah satu dari tiga faktor yang terlibat dalam proses persalinan yang menyebabkan persalinan tidak dapat berjalan lancar dan bila dibiarkan maka dapat terjadi komplikasi yang dapat membahayakan ibu dan janin. 3 faktor tersebut adalah jalan lahir (passage), janin (passanger) dan Kekuatan yang ada pada ibu (power).
  

Untuk lokasi Rumah Bersalin Cuma-cuma (RBC) itu ada di Bandung tepatnya di :
Jl. Holis No. 448 A Bandung (Tlp. 022 6042152)
Jl. Raya Soreang - Banjaran
(Tlp. 022 6032281)